Pengertian Dasar Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Perlu Anda Ketahui

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIC) merupakan istilah yang seringkali kita dengar di era digital seperti sekarang ini. Namun, sebenarnya apa sih TIC itu? Secara sederhana, TIC dapat diartikan sebagai gabungan antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi merujuk pada segala hal yang berkaitan dengan pengolahan data dan informasi, sedangkan teknologi komunikasi berkaitan dengan alat dan sistem yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam era digital yang semakin maju, TIC menjadi sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Untuk itu, penting bagi kita untuk memahami pengertian TIC secara lebih mendalam agar dapat memanfaatkannya secara optimal dan efektif.

Istilah teknologi informasi dan komunikasi terdiri atas tiga kata, yaitu teknologi, informasi, dan komunikasi. Pengertian teknologi secara umum adalah segala hasil karya atau budaya manusia yang diciptakan untuk membantu mempermudah atau mendukung aktivitas dan pekerjaannya. Inforamasi adalah suatu berita atau pengumuman yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi suatu yang dapat disebarkan atau diberitahukan ke orang lain, dengan tujua untuk memberikan suaatu berita atau pengumuman menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, baik individu maupun kelompok. Adapun komunikasi merupakan suatu proses yang dilakukan orang untuk menyampaikan informasi atau gagasan dengan tujuan untuk mengubah atau membentuk perilaku seseorang yang semula tidak mengetahui apa pun menjadi mengetahui sesuatu.

Mengacu pada pengertian diatas, pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang bisa digunakan untuk menghadirkan, memanipulasi, dan mengolah informasi. sedangkan teknologi komunikasi adalah teknologi yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan sesamanya secara lebih mudah, efektif, dan efisien. Teknologi komunikasi berkaitan dengan berbagai alat bantu yang bisa digunakan dalam proses transfer informasi atau data dari satu pihak ke pihak lain.

Jadi, teknologi informasi dan komunikasi merupakan satu kesatuan di mana informasi diolah dan dikelola agar lebih berarti kemudian disampaikan kepada orang lain dengan bantuan alat-alat yang bisa mempermudah atau mendukung proses tersebut.

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Hal ini desebabkan oleh kemajuan ilmu yang dipelajari dalam penelitian, sehingga dapat melahirkan berbagai penemuan alat atau cara untuk mempermudah kita dalam melakukan kegiatan informasi dan komunikasi. Misalnya dengan adanya internet, kita dapat berkeliling dunia tanpa harus pergi ke negara yang ingin kita tuju. Cukup dengan browsing ita dapat mengetahui tentang negara tersesbut sehingga kita dapat menghemat waktu dan biaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dasar Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment