Mengenal Internet Lebih Dekat: Sejarah & Dampaknya Terhadap Komunikasi, Masyarakat, & Manfaat

Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer dan perangkat lainnya di seluruh dunia,  Komputer yang sebelumnya bersifat stand-alone, melalui internet dapat berhubungan langsung dengan komputer-komputer lainnya. Dengan internet, kita dapat mengakses informasi dalam hitungan detik, berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, dan bahkan melakukan transaksi bisnis atau perbankan online. Namun, internet juga memiliki kelemahan, seperti keamanan dan privasi yang rentan, serta penyebaran informasi yang salah atau tidak akurat. 

Pada tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilakan dalam internet. Karena penemuan inilah internet mempunyai tampilan yang lebih menarik dan isinya sangat bervariasi seperti yang kamu kenal saat ini. Saat ini, internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada sesama dan masyarakat luas.

Salah satu keuntungan utama internet adalah kemampuannya untuk menghubungkan orang dari seluruh dunia. Ini memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai budaya, belajar dari perspektif yang berbeda, dan memperluas pengetahuan dan pemahaman kita tentang dunia. Selain itu, internet juga memudahkan untuk melakukan pekerjaan, seperti mengerjakan tugas, mengirim email, dan melakukan pertemuan virtual.

Namun, internet juga memiliki kelemahan. Keamanan dan privasi merupakan masalah utama di internet. Banyak situs web yang tidak aman, dan informasi pribadi dapat dengan mudah dicuri oleh peretas atau penjahat siber. Selain itu, internet juga dapat menjadi tempat di mana informasi yang salah atau tidak akurat dengan mudah menyebar. Ini dapat menyebabkan masalah, seperti persebaran berita palsu, informasi yang tidak akurat, atau bahkan penyebaran konten yang membahayakan.

Untuk menjaga keamanan dan privasi di internet, kita perlu mengambil tindakan yang tepat. Misalnya, kita dapat menggunakan kata sandi yang kuat, memastikan situs web yang kita kunjungi aman, dan menghindari membagikan informasi pribadi yang sensitif secara online. Selain itu, kita juga perlu memeriksa sumber informasi sebelum membagikan atau menggunakannya. Internet memiliki manfaat dan kelemahan, dan kita perlu mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga diri kita aman dan terhindar dari kerugian yang tidak diinginkan.

Eksperimen Game Dino Chrome 1 Jam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Internet Lebih Dekat: Sejarah & Dampaknya Terhadap Komunikasi, Masyarakat, & Manfaat "

Post a Comment